Perbedaan Sistem Pembayaran Push Payment dengan Pull Payment

Date: 4 December 2019
Author: Kelvin Layzuardy
Perbedaan Sistem Pembayaran Push Payment dengan Pull Payment

Mungkin banyak dari kita masih belum mengetahui perbedaan sistem pembayaran push payment dengan pull payment.

Padahal bisa dibilang kedua sistem pembayaran ini saat ini sedang sangat banyak digunakan sebagai sistem pembayaran elektronik.

Bisa dibilang hampir semua sistem pembayaran menggunakan salah satu metode ini. Nah, kalian pasti penasaran apa perbedaan sistem pembayaran push payment dan pull payment kan?

Kalo gitu simak penjelasan berikut yah!

BACA JUGA: Ternyata Begini Proses Pengiriman Broadcast Messages di Whatsapp Business API

1. Push Payment

Metode push payment atau yang bisa disebut Customer Presented Mode (CPM), merupakan sistem transaksi yang mengguanakan QR Code. Namun, pada metode ini QR Code akan discan oleh customer atau konsumen.

Setelah itu transaksi baru akan terjadi. Sistem pembayaran seperti ini sendiri sudah digunakan oleh beberapa aplikasi pembayaran online. Seperti Go-Jek, OVO, YAP!, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Keunggulan yang Bisa Kamu Dapatkan Jika Menerapkan Sistem Gamification

2. Pull Payment

Metode ini sebenarnya kurang lebih sama seperti metode Push Payment. Namun, yang membedakan metode pembayaran ini sendiri adalah QR Code kita yang akan di scan oleh mesin khusus.

Pada metode ini aplikasi penyedia layanan akan memberikan QR Code lalu QR Code tersebut kamu gunakan dengan cara di scan ke alat unutk melakukan transaksi.

Sistem pembayaran ini sendiri dinilai masih belum terlalu efektif karena intergritasnya dikhawatirkan bisa merugikan konsumen. Sistem pembayaran ini sendiri sudah digunakan oleh aplikasi sistem pembayaran seperti DANA.

BACA JUGA: Buat Kedekatan Dengan Konsumen Lewat Fitur Whatsapp Business API

Sebenarnya kedua sistem pembayaran di atas sendiri memiliki kunggulan masing-masing. Tentunya semua sistem pembayaran pasti akan diuji kemanannya.

Nah, Jadi kalian sudah tahu bukan perbedaan antara kedua sistem pembayaran ini?

Share